Header

Header

Saturday 28 September 2013

[Movie] Mengejar Matahari


Sutradara: Rudi Sujarwo
Produksi: SinemArt & Kipass Communication
Penulis: Titien Wattimena
Tahun: 2004
Pemain: Wingki Wiryawan as Ardi
             Fedi Nuril as Nino
             Udjo Project Pop as Apin
             Fauzi Baadilla as Damar
             Ade Habibi as Obet
             Agni Arkadewi as Rara


Film ini bercerita tentang Ardi, Damar Nino dan Apin yang bersahabat sejak kecil. Persahabatan yang kental sangat terasa diantara mereka di sebuah kompleks rumah susun di Jakarta. Nino, adalah yang paling kaya diantara sahabat-sahabatnya. Keluarganya hidup dalam keharmonisan yang membuat semua orang yang melihat iri. Apin, cita-citanya sejak kecil adalah dapat membuat film. Menurut Apin, waktu itu tidak dapat diulang. Dia mau mendokumentasikan semua momen yang terjadi diantara mereka, baik yang menyedihkan ataupun yang bahagia. Jadi, ketiga sahabatnya memberikan sebuah Handycam sebagai hadiah saat ulang tahunnya yang ke 17. Damar, jangan tanya tentang keluarganya, ia diceritakan hanya memiliki seorang ibu dan ayahnya entah kemana. Sifatnya mudah marah, apalagi kalau disinggung tentang ibunya. Damar yang paling jago kalau disuruh berantem. Ia sebagai pelindung ketiga sahabatnya. Ardi, yang sejak kecil dididik disiplin yang sangat ketat. Ayahnya adalah pensiunan polisi, yang menginginkan Ardi mengikuti jejaknya. Ardi, si nomor satu kalau disuruh Push-up, karena kebiasaan kalau ia dihikum ayahnya. 

Dari semua permainan masa kecil. Mereka mempunyai permainan yang rutin mereka lakukan. Mereka berlari sekencang mungkin mengitari kompleks rumah susun dan berusaha menjadi yang pertama. Permainan ini mereka sebut Mengejar Matahari. Permainan yang masih mereka lakukan hingga dewasa, mengejar matahari mereka sendiri. 

Film ini mencakup 3 masa, masa kecil, masa remaja, dan masa dewasa. Masalah dimulai dengan kejadian saat mereka menjadi saksi mata saat Obet (Preman kampung) membunuh seorang temannya, lalu mereka melaporkannya ke polisi. Ternyata kejadian itu membuat Obet dendam kepada mereka. Lalu ditengah persahabatan mereka muncula Rara, sepupu Nino. Gadis cantik itu memikat Ardi dan Damar dan merusak persahabatan mereka. Semuanya menjadi semakin rumit saat Obet keluar dari penjara dan berusaha membalas dendam. Sampai suatu hari, Obet membunuh Apin dengan pisau hingga tewas. Rasa sedih karena kehilangan sahabatnya membuat Damar nekad membunuh Obet dengan pistolnya dan membawanya ke penjara. 

Kini hanya tinggal Ardi dan Nino. Persahabatan mereka menjadi tidak karuan semenjak meninggalnya Apin dan Damar masuk penjara. Nino memutuskan mengejar S2-nya di Amerika. Dan Ardi masuk ke akademi kepolisian. Tentang Rara, setelah semua itu Ardi hanya menganggap Rara sebagai pelangi yang datang dengan semua warna indahnya lalu menghilang. Akhir cerita, Ardi dan Nino kembali mengejar matahari mereka untuk kedua sahabatnya Apin dan Damar. 

Ini salah satu film persahabatan favorit ane. Karena openingnya ada prolog yang dilakukan oleh Ardi. Entah kenapa kalau film opening-nya ada prolognya jadi istimewa buat ane. Silahkan di tonton masbroh. Kalo nyari kasetnya mungkin susah mending download aja banyak kok. 

Jangan lupa komenya...^ ^

No comments:

Post a Comment